5 Cara Mencegah Penyakit Anemia Pada Anak

Kesehatan Anak - Mungkin Anda pernah berpikir bahwa anak-anak tidak akan pernah mengalami anemia ketika anak selalu makan. Keutamaan makanan yang anak Anda konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Walaupun demikian, kandungan mineral dan vitamin pada makanan anak juga perlu diperhatikan untuk mencegah anemia. Penyakit ini akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak Anda terhambat. Selain itu daya tangkap anak juga berkurang serta kondisi fisik yang selalu lemah dan lesu.

Ada beberapa macam anemia yang terjadi, yaitu anemia defisiensi besi, anemia megaloblastik, anemia hemolitik, dan anemia sekunder. Namun, jenis anemia yang sering terjadi pada anak-anak adalah anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi ditandai dengan kekurangan zat besi dan berkurangnya sel darah merah. Gejala yang terjadi adalah wajah pucat, lesu, pusing dan daya tangkap yang berkurang.

Cara Mencegah Penyakit Anemia Pada Anak

Berikut ini cara mencegah penyakit anemia pada anak, yaitu:

1.  Kenali Makanan yang Menghambat Penyerapan zat besi
Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan zat besi pada tubuh anak Anda. Oleh karena itu, kenalilah makanan yang bsia menghambat penyerapan zat besi untuk mencegah anemia. Salah satunya adalah makanan yang mengandung polifenol seperti kunyit, paprika, teh. Makanan yang mengandung asam fitrat seperti kacang-kacangan dan gandum pun bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

2.  Bahan Makanan yang Mengandung Penyerapan Zat Besi
Walaupun zat besi sudah dikonsumsi dengan baik oleh anak Anda, namun perlu pula Anda ketahui tentang bahan makanan yang mengandung penyerapan zat besi, sebab tanpa makanan tersebut penyerapan zat besi dalam tubuh akan mengalami hambatan. Bahan makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi diantaranya jus tomat, brokoli, jeruk, stroberi, daging unggas dan ikan.

3.  Memberikan ASI Ekslusif
Memberikan ASI ekslusif sangat membantu mencegah penyakit anemia pada anak Anda. Pemberian ASI sebaiknya dilakukan minimal sampai usia bayi 6 bulan. Walaupun zat besi yang terkandung dalam ASI sangat rendah, namun ASi dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh bayi.
4.  Pilihan Waktu Tepat dalam Pemberian MPASI
Selain ASI, makanan pendamping ASI atau MPASI juga perlu Anda berikan kepada anak Anda untuk mencegah anemia. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus memberikan MPASI tepat waktu yaitu usia bayi Anda telah menginjak 6 bulan. Adapun MPASI yang bisa menjadi makanan tambahan yang mengandung zat besi adalah daging tanpa lemak dan kuning telur. Untuk membantu penyerapan zat besi, perlu pula pemberian vitamin C.

5.  Penanganan medis
Penanganan medis adalah upaya terakhir yang Anda lakukan jika anak Anda telah terkena anemia. Lakukanlah pemeriksanaan pada anak Anda agar mendapatkan pengobatan yang cocok, sehingga penyakit anemia pada anak Anda bisa segera disembuhkan.

Semoga dengan tips diatas anak anda dapat terhindar dari penyakit anemia.

1 Response to "5 Cara Mencegah Penyakit Anemia Pada Anak"