7 Tanda-Tanda Pasti Kehamilan Minggu Pertama yang Mesti Diketahui

YukHamil.com - Tanda Kehamilan Minggu Pertama. Sebagian besar wanita yang sudah berpasangan mendambakan hadirnya seorang bayi,karena dengan hadirnya bayi merupakan anugrah yang tak terhingga dari yang kuasa. bahkan banyak diantara wanita yang sangat penasaran ingin mengetahui apakah dirinya sudah hamil ataukah belum, oleh karena itu tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk memeriksakan dirinya ke klinik ataupun laboratorium yang tentu tidak memakan biaya yang sedikit.

Tidak ada salahnya kita sebagai wanita mengetahui sendiri perubahan- perubahan apa yang terjadi minggu pertama dalam diri kita sebelum memeriksakannya ke klinik, awal- awal kehamilan bisa kita rasakan sendiri dalam diri kita sebelum kita mengeluarkan banyak uang untuk memeriksakannya ke tenaga kesehatan ataupun ke laboratorium.

Sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi yang terlambat akan mengira dirinya sudah hamil, dan itu belum pasti karena menstruasi yang terlambat bisa dipengaruhi beberapa faktor misalkan karena stress, pengaruh kelelahan ataupun faktor hormonal. Namun hal ini juga bisa jadi benar karena dengan tidak mengalami menstruasi maka kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Dan apabila anda sudah mengalami hal tersebut sebaiknya menyimak tanda- tanda kehamilan minggu pertama.

Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama yang Pasti

Berikut Tanda atau Ciri Wanita yang Sedang Hamil Pada Minggu Pertama

1. Dada tampak membesar
Perubahan yang biasanya dialami oleh wanita yang hamil muda adalah dada tampak membesar, hal ini dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron yang meningkat, hormon ini dirangsang oleh kelenjar pituitari untuk menghasilkan kelenjar air susu. Hal ini biasa ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada sekitaran payudara serta dengan membesarnya puting susu( areola) dan terasa gatal. Akan tetapi jika ibu mengalami hal ini jangan takut selama payudara tidak terasa nyeri berlebihan dan panas yang biasanya sampai ibu mengalami demam. Karena hal ini masih fisiologis untuk persiapan ASI buat buat hati ibu nanti.

2. Mual dan muntah
Morningsickness atau biasa disebut dengan ngidam adalah hal yang hampir semua ibu hamil rasakan, yang paling sering dirasakan adalah mual dan muntah pada pagi hari dan bahkan banyak yang mengalaminya sepanjang hari. Ini disebabkan karena peningkatan hormon estrogen yang memicu adanya pergerakan kecil pada usus kecil ibu yang mengakibatkan muntah, kekurangan vitamin B6, dan stress. Apabila ibu mengalami nya maka yang paling penting adalah perbanyak minum air putih karena dehidrasi saat morning sickness lebih beresiko, kurangi porsi makan tetapi lebih sering dari pada sebelumnya serta pakailah pakaian longgar agar sirkulasi udara tetap bagus.

3. Selalu merasa ngantuk dan sulit tidur
Beberapa wanita hamil awal cepat merasakan letih dan selalu mengantuk sepanjang hari, hal ini terjadi sampai 3 bulan awal kehamilan . hal ini sangat normal karena tubuh memang mengisyaratkan agar menurunkan aktivitas dan lebih banyak beristirahat, namun hal ini juga bisa menyebabkan ibu sulit tidur merasa tidak nyaman dan gelisah, jika ibu mengalaminya maka sebaiknya tidur menyamping dan menaruh sesuatu yang nyaman di antara kedua lututnya dan punggung bagian bawahnya bisa menggunakan bantal atau alas lainnya, berikan pijatan kepada ibu, da juga bisa memberikan teh herbal yang dapat membantunya tidur.

4. Kram - kram dan adanya bercak darah di awal kehamilan
Hal normal yang biasa ibu rasakan adalah kram kram saat awal kehamilan, tanda tanda ini terjadi karena rahim sedang mulai mengalami perkembangan .

Kram ini ada yang terjadi sebentar dan ada pula yang konstan yang sangat kuat dan sakit, jika ini terjadi dan hanya menimbulkan bercak darah itu masih wajar, akan tetapi jika ibu sampai mengalami pendarahan maka itu bisa membahayakan janin dan ibunya yang biasa mengakibatkan keguguran, jadi cepat mendapat bantuan medis.

5. Sering pusing dan sakit kepala
Sakit kepala adalah hal yang umum selama kehamilan namun tidak begitu berbahaya, sakit kepala bisa berhenti jika ibu bersantai dan minum lebih banyak jus dan air putih, ataupun bisa dengan memijat-mijat sendiri dahinya dengan lembut. Tidak apa-apa juga jika wanita hamil mengkonsumsi 2 tablet parasetamol sekali minum atau konsultasi dengan tenaga kesehatan apabila sakit dan nyeri terasa hebat.

6. Sering merasa ingin buang air kecil
Selalu buang air kecil normal aja bagi wanita hamil, khususnya awal kehamilan ini terjadi karena rahim yang semakin membesar menekan kuat kandung kemih, jika proses buang air kecil ini terasa sakit atau seperti terbakar mungkin saja ini terjadi akibat ibu infeksi kandung kemih. Pastikan untuk menyembuhkannya segera mungkin.

7. Telat menstruasi
Apabila ibu mengalami siklus haid teratur biasanya dan tiba-tiba terjadi perubahan siklus maka besar kemungkinan ibu mengalami kemungkinan hamil, namun ada baiknya segera memeriksakan diri atau melakukan tes apakah ibu memang benar hamil ataupun hanya karena faktor hormonal atau pun stress yang berlebihan
Itulah beberapa tanda-tanda fisik dan nonfisik yang bisa ibu rasakan ketika hamil satu minggu, namun ada baiknya segera melakukan tes ataupun memeriksakan diri ke tenaga kesehatan apabila sudah mengalami tanda tanda seperti diatas, karena banyak ibu kehilangan janinnya pada awal kehamilan karena kurangnya pengetahuan tentang tanda- tanda hamil, oleh karena itu sangatlah penting untuk ibu mengetahui berbagai ciri-ciri kehamilan yang juga bisa menjadi acuan untuk memperbaiki nutrisi dan pola hidup agar sang buah hati tetap sehat.

0 Response to "7 Tanda-Tanda Pasti Kehamilan Minggu Pertama yang Mesti Diketahui"

Post a Comment