5 Penyebab Ambeien Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

YukHamil.com - Ambien merupakan penyakit yang disebabkan karena peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada pembuluh balik (vena) di daerah sekitar anus. Peradangan ini terjadi dikarenakan Anda harus mengejan ketika buang air besar.

Wasir terkadang terjadi ketika Anda hamil. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan  terjadinya wasir pada ibu hamil.

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Penyebab Utama Ambeien Saat Hamil dan Cara Mengatasinya


1. Perubahan hormon dalam tubuh
Saat hamil, kadar hormon progesteron akan meningkat sehingga janin dapat bertahan dalam rahim. Namun, hormon progesteron akan menghambat gerak peristaltik otot pencernaan yang diperlukan sehingga makanan yang melalui saluran pencernaan hingga saluran pembuangan tidak lancar.

2. Ukuran janin yang kian besar
Ketika janin dalam kandungan membesar, janin akan mendesak pembuluh darah yang ada di sekitar panggul dan perut. Ketika volume dan aliran darah meningkat, maka janin akan menghambatnya.

3. Sembelit
Sembelit disebabkan karena asupan zat besi yang tinggi ketika hamil. Walaupun zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil, akan tetapi jika konsumsi zat besi berlebihan maka akan mengebakan kesulitan buang air besar. Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya wasir.

4. Beban yang ditanggung ibu hamil
Ukuran janin yang semakin membesar akan menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Inilah yang menyebabkan dorongan pada bagian anus mengakibatkan pembuluh darah di sekitar anus pecah dan menjadi wasir. Selain itu, terhambatnya peredaran sari pati makanan ke seluruh tubuh menyebabkan ibu hamil sulit untuk buang air besar.

5. Gerakan fisik terutama bagian perut (abdominal) yang terbatas selama hamil 
Untuk mengatasi wasir atau ambeien saat hamil, hal-hal berikut ini yang dapat Anda lakukan:

1. Minumlah air yang banyak, kurang lebih dua liter dalam sehari.
2. Minumlah yogurt atau susu fermentasi yang bias merangsang usus untuk bekerja.
3. Perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan, rumput laut, dan sayur-sayuran.
4. Lakukanlah olahraga yang bisa membantu sistem pencernaan Anda mendorong makanan. Olahraga seperti renang ataupun jalan kaki bisa membantu Anda melancarkan buang air besar.
5. Biasakan buang air secara rutin pada waktu-waktu tertentu, yaitu di pagi hari. 
6. Sebelum buang air besar, minum saja air hangat.
7. Ketika buang air besar, hindari mengejan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya 
pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah vena yang terdapat di sekitar anus.
Walaupun ambeien atau wasir merupakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya, tetapi rasa nyeri ketika mengalami wasir atau ambeien bisa mengganggu kenyamanan Anda, apalagi jika wasir yang Anda derita sudah mencapai tahap pendarahan karena pecahnya pembuluh darah daerah sekitar anus. Jika itu terjadi, konsultasikanlah kepada dokter kandungan Anda terutama jika Anda menderita penyakit ambeien dan anemia secara bersamaan. 

1 Response to "5 Penyebab Ambeien Saat Hamil dan Cara Mengatasinya"