Anak Anda Suka Bolos Sekolah? Lakukan 3 Tips ini Agar Anak Rajin Belajar

Parenting - Dewasa ini segala sesuatunya sudah mengalami perubahan yang pesat baik dari sisi teknologi maupun pendidikan. Pada jaman dahulu kebanyakan orang tidak menggunakan gadget dalam kesehariannya namun kini semua orang rata-rata tidak akan pernah lepas barang sedetik pun dari gadget yang dimilikinya, contohnya saja handphone. Telepon genggam yang kini sudah sangat canggih menjadi barang bawaan wajib bagi kebanyakan orang, kasus seperti ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun terjadi pada anak-anak juga.

Tahun 2016 ke belakang anak balita pun sudah berikan handphone atau handphone tablet untuk kegiatan mereka sehari-hari. Banyak orang tua yang menganggap bahwa dengan diberikannya tab seperti itu mereka akan mudah diatur dan tidak rewel. Padahal metode seperti salah kaprah. Pemakaian alat elektronik yang terlalu sering juga akan memberikan efek yang negatif pula, seperti membuat kurangnya penglihatan mata yang menyebabkan banyak anak-anak yang masih kecil sudah harus memakai kaca mata.

Anak Anda Suka Bolos Sekolah

Selain itu, pemakaian gadget seperti itu juga sangat mempengaruhi pendidikannya. Terkadang hal yang berlebihan membuat semuanya tidak berjalan baik, contohnya saja saking kecanduannya si anak terhadap barang-barang elektonik membuat si anak lupa belajar dan lebih memilih melakukan aktivitasnya dengan telepon genggamnya. Tak jarang juga banyak anak-anak yang tidak pergi ke sekolah karena kecanduan hal-hal semacam itu. Memang perkembangan teknologi tidak bisa sepenuhnya disalahkan namun faktanya membuat semuanya menjadi lebih mudah juga mempunyai andil yang cukup berpengaruh di dalam dunia pendidikan.

Berbicara tentang dunia pendidikan maka tidak heran jika pelanggaran-pelanggaran di sekolah pun menjadi topik hangat untuk diulas. Salah satu pelanggarannya adalah membolos. Membolos diambil dari kata “bolos” yang sangat marak terjadi di kalangan para pelajar sekolah. Membolos merupakan perilaku siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat atau ketidakhadiran siswa tanda adanya suatu alasan yang jelas. Pasalnya tidak hanya siswa putera saja yang berani melakukan hal ini, siswi puteri pun juga berani melakukannya.

Perilaku anak sekolah itu seringkali dilakukan secara pribadi dan bahkan secara kelompok. Mereka tidak mengikuti pelajaran secara bersama-sama, sungguh hal ini sangat mencerminkan tindakan yang buruk dan perlu adanya perhatian khusus dari pihak sekolah dan keluarganya sendiri. Kebiasan yang tidak baik ini jika dilakukan secara terus menerus juga akan mempengaruhi pelajarannya di sekolah dan sikap kedisiplinannya. Perlu adanya suatu tindakan agar mereka yang merupakan generasi penerus bangsa itu tidak selamanya berada di jalan yang salah.

Oleh karena itu perlu adanya kiat-kiat untuk mengatasi para anak sekolah seperti itu.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat mengatasi anak yang suka bolos sekolah.

1. Bersikap Tegas
Para orang tua hars bersikap tegas kepada anak-anaknya karena orang tua mempunyai peran yang sangat penting bagi anak-anaknya.

2. Komunikasi
Jalinlah komunikasi yang baik antara orang tua dan si anak agar tercipta sisi keterbukaan dan menghindari si anak melakukan hal atau tindakan tercela yang menyimpang dari aturan sekolah.

3. Perhatian Lingkungan Sekolah
Sebagai orang tua pastikan untuk selalu memantau kegiatan sang anak karena lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang si anak.
Baca juga:
Semoga dengan tips diatas anda dapat mendidik anak agar tidak melakukan hal yang tidak baik seperti malas belajar sampai bolos dari sekolah.

1 Response to "Anak Anda Suka Bolos Sekolah? Lakukan 3 Tips ini Agar Anak Rajin Belajar"