5 Cara Mengantisipasi Infeksi pada Masa Kehamilan

YukHamil.com - Ketika dalam masa kehamilan, daya tahan tubuh seorang wanita akan melemah. Hal ini menyebabkan tubuh wanita hamil sangat rentan terkena infeksi dan akan menjadi lebih serius jika tidak segera ditangani.

Cara Mengantisipasi Infeksi pada Masa Kehamilan

Berikut ini adalah beberapa infeksi yang biasa terjadi pada wanita hamil.

1. Vaginosis Bakteri
Infeksi ini terjadi karena keseimbangan bakteri di vagina terganggu. Infeksi ini bisa menyebabkan keputihan dan aroma tidak sedap pada wanita hamil. Walaupun tidak berbahaya, infeksi ini bisa menimbulkan komplikasi pada kehamilan seperti kelahiran prematur atau keguguran. Segera periksakan diri ke dokter kandungan Anda jika Anda mengalami infeksi ini.

2. Infeksi Saluran Kemih
Infeksi ini terjadi karena bakteri menyerang salah satu bagian saluran kemih seperti kandung kemih, ureter, ginjal, dan uretra. saluran kemih. Infeksi jenis ini terbagi atas dua jenis yaitu infeksi bagian bawah dan atas. Infeksi bagian bawah menyerang uretra dan kandung kemih, dimana penderita akan merasa ingin selalu buang air kecil, warna urin keruh dan berbau menyengat, serta merasakan perih saat buang air kecil. Infeksi bagian atas menyerang ureter dan ginjal, dimana penderita akan merasakan nyeri di bagian bagian selangkangan, mual, dan demam. Segeralah ke dokter jika Anda mengalami infeksi ini sebab jika tidak ditangani dengan cepat maka akan menimbulkan infeksi pada ginjal Anda dan kemungkinan Anda akan melahirkan secara prematur.

3. Toksoplasma
Infeksi ini berasal dari kotoran hewan peliharaan seperti kucing. Sebenarnya virus ini banyak dimiliki oleh wanita sebelum masa kehamilan tapi tubuh mereka sudah memiliki antibodi untuk melawan virus tersebut. Akan tetapi, ada beberapa orang yang tidak memiliki system kekebalan tubuh untuk melawan virus ini sehingga bias menyebabkan kebutaan dan kerusakan pada otak bayinya. Oleh karena itu, hindari penanganan kotoran hewan saat hamil dan selalu pastikan makanan yang Anda makan telah dimasak sampai matang.

4. Infeksi Jamur
Infeksi jamur yang terjadi pada wanita hamil disebabkan karena adanya perubahan hormone yang langsung memberikan dampak pada kondisi vagina wanita. Biasanya wanita yang mengalami infeksi ini akan mengalami keputihan dan gatal-gatal.

5. Infeksi Streptokokus Grup B
Infeksi jenis ini disebabkan oleh bakteri streptokokus Grup B (SGB) yang terdapat di dalam tubuh. Pada umumnya, bakteri yang menyebabkan infeksi ini tidak menimbulkan penyakit dan juga tidaklah berbahaya. Walaupun demikian, bakteri ini berpotensi untuk menyebabkan infeksi pada bayi sebelum atau ketika menjalani persalinan.

Jika ketika dalam persalinan Anda mengalami demam, air ketuba pecah sebelum waktunya, atau Anda melahirkan secara premature, maka bayi yang Anda lahirkan berisiko lebih tinggi untuk terkena infeksi SGB.

Apabila pada masa kehamilan sebelumnya bayi Anda telah terinfeksi SGB, maka segeralah konsumsi antibiotil untuk pencegahan. Selain itu, atibiottik juga bisa Anda konsumsi sebelum persalinan jika Anda menderita infeksi kandung kemih dengan SGB.
Tips Lainnya:
Seperti itulah cara mengantisipasi Infeksi saat masa kehamilan. Semoga dengan informasi diatas anda dapat terhindar dari infeksi.

0 Response to "5 Cara Mengantisipasi Infeksi pada Masa Kehamilan "

Post a Comment