8 Cara Menghentikan Kebiasan Buruk Menggigit Kuku pada Anak

YukHamil.com - Kebiasaan buruk yang sering dijumpai pada anak-anak salah satunya adalah menggigit kuku. Bagi Anda orang tua dengan anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendiri. Diluar sana banyak juga orang tua yang mengalami masalah sama seperti Anda. 

Dari sebuah penelitian ditemukan lebih dari 50 % anak-anak di rentang usia 10 sampai 18 tahun memiliki kebiasaan menggigit kuku. Anak-anak dengan kebiasaan menggigit kuku, memiliki penyebab yang berbeda-beda. Bisa karena kekurangan kalsium, perasaan bosan, atau stress. Namun, terlepas dari semua penyebab tersebut, menghentikan anak yang kecanduan menggigit kuku tidaklah mudah seperti membiarkannya memulai kebiasaan tersebut sebelumnya.

Cara Menghentikan Kebiasan Buruk Menggigit Kuku pada Anak

Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan kebiasaan anak menggigit kukunya. 

1. Mulailah mengatasi kebiasaan awal anak menggigit kuku. 
Apabila Anda menyadari anak mulai menggigit kuku, sebaiknya segera berikan pengertian sebagai upaya menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Ingat bahwa menghentikan terhadap kebiasaan akan lebih sulit dibandingkan memulainya.

2. Identifikasi penyebab utamanya. 
Seorang anak melakukan sebuah kebiasaan karena memiliki masalah atau kendala tertentu. Bisa jadi anak sedang stress, tertekan, atau bosan dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Setelah mengetahui penyebab utamanya, Anda dapat mencari ide-ide untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya ketika penyebabnya adalah bosan, Anda dapat membelikan anak buku harian dan memintanya untuk menulis luapan hatinya. Cara ini efektif untuk membunuh waktu menjadi lebih bermanfaat.

3. Pengganti aktivitas. 
Penyebab menggigit kuku karena bosan atau stress dapat diselesaikan dengan pengalihan kegiatan melalui aktivitas lain. Usahakan anak memiliki kegiatan lain yang menggunakan tangan sebagai objek kerjanya. Carilah kegiatan yang juga dapat mengembangkan bakat anak.

4. Belajar untuk mencintai kuku. 
Hal ini sangat mudah dilakukan bagi Anda yang memiliki anak perempuan. Anda dapat menghias kuku anak menggunakan kuku-kukuan palsu ataupun kutek, sehingga anak akan merasa sayang terhadap kukunya. Selain itu, biasakan anak untuk berpenampilan dengan kuku rapi.

5. Mulai melindungi kuku. 
Anda bisa menggunakan perban instan untuk membantu menghilangkan kebiasaan menggigit kuku. Perban akan melindungi kuku dari gigitan anak. 
6. Tingkatkan asupan kalsium pada anak.
Pemberian makanan kepada anak juga perlu Anda perhatikan. Control nutrisi yang masuk ketubuh anak. Pastikan anak mendapatkan makanan dengan asupan kalsium yang cukup. Kadar kalsium yang tinggi bisa Anda temukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, susu, buah kering, dan biji-bijian.

7. Meningkatkan kesadaran. 
Apabila kebiasaan ini telah bekerja di alam bawah sadar maka masalahnya cukup serius. Sebelum hal ini terjadi, cegahlah dengan meningkatkan kesadaran anak Anda.

8. Buatlah kuku terasa pahit. 
Metode ini sangat popular dan aman untuk dilakukan. Pilihlah cairan yang tepat dan tidak berbahaya untuk dioleskan pada kuku anak.

Seperti itulah penjelasan tentang menjaga kesehatan anak. Semoga dengan tips diatas anak anda tidak lagi melakukan kebiasaan untuk menggigit kukunya.

1 Response to "8 Cara Menghentikan Kebiasan Buruk Menggigit Kuku pada Anak"