4 Peran Suami Saat Istri Menjelang Persalinan Yang Mesti di Ketahui

YukHamil.com - Melahirkan memang bukan hanya tanggung jawab seorang ibu, peran dari suami juga sangat diperlukan demi kelancarannya. Pada masa kehamilan yang menginjak trisemester terakhir, menunggu kelahiran bayi merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Di masa-masa kehamilan, seorang ibu akan banyak mengalami keluhan, terlebih jika masa kehamilannya semakin tua.  keluhan tentang kondisi fisik yang semakin mudah lelah adalah yang paling sering terjadi. Kelelahan-kelelahan tersebut kadang membuat ibu dan suaminya kurang fokus menyambut persalinan. 

Menghadapi kelelahan akibat kehamilan, mengisyaratkan Anda harus banyak istirahat. Untuk mempersiapkan segala kebutuhan persalinan ada baiknya Anda meminta bantuan suami. Suami merupakan salah satu sanak keluarga terdekat yang berkewajiban membantu mempersiapkan kebutuhan persalinan, walaupun tidak semuanya suami akan mengerti akan hakekat menjadi suami siaga ketika detik-detik persalinan. Menjadi suami siaga berarti siap untuk menjaga kesehatan istri ketika hamil dan menjelang melahirkan secara waspada. 

Peran Suami Saat Istri Menjelang Persalinan

Persiapan untuk menjadi suami siaga diperlukan secara psikis maupun fisik. Psikis artinya pemberian dukungan mental ketika isteri melahirkan dan fisik berarti menjaga semua persiapan yang berkaitan dengan persalinan. Selain keduanya, kesiapan material juga penting dilakukan. Material merupakan kesiapan yang berhubungan dengan pendanaan persalinan. 

Sebagai suami, tingkat kepekaan Anda dengan kondisi sekitar juga sangat dituntut. Anda harus mampu melihat tanda dan gejala yang terjadi pada isteri. Sehingga untuk menjadi suami siaga Anda harus melakukan persiapan dari segala aspek. Berikut adalah beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan.

Berikut Langkah yang Mesti Dilakukan Suami Saat Istri Menjelang Persalinan

1. Mencari informasi tentang tanda-tanda isteri siap melahirkan
Ketika memasuki minggu-minggu persalinan, berusahalah selalu berada disamping isteri Anda dan jangan meninggalkannya terlalu jauh atau lama.  Namun, bila keadaan Anda tidak bisa selalu bersama isteri ada baiknya meminta bantuan keluarga terdekat lainnya. Tanda menjelang kehamilan yang dirasakan biasanya nyeri di selangkangan, kontraksi dan pecah ketuban, serta keluar lender kental bersamaan dengan darah.
2. Memberikan kasih sayang serta perhatian penuh
Terkadang cara ini diabaikan para suami, padahal hal kecil yang satu ini memiliki pengaruh besar terhadap kesiapan mental isteri menyambut persalinan. Anda dapat melakukan hal-hal kecil seperti mengucapkan kata-kata sayang, memotivasi, dan mengelus perut isteri Anda.

3. Menentukan tempat bersalin
Pada urusan ini, Anda harus berdiskusi dengan sang ibu hamil. Diskusikan mengenai tempat dan pemilihan proses persalinan apakah normal atau operasi Caesar. Walaupun rata-rata ibu hamil mengharapkan persalinan normal, namun karena satu dua hal bisa jadi hal ini tidak dapat dilakukan. 

4. Hindari keterlambatan pertolongan medis
Resiko yang sangat besar bila Anda terlambat mengambil keputusan terhadap penanganan medis untuk ibu hamil. Pilihlah jalan alternative agar Anda dapat segera sampai ditempat persalinan, serta siapkan rencana-rencana lain ketika rencana utama tidak dapat berjalan dengan baik.

Seperti itulah penjelasan yukhamil.com tentang peran suami saat istri yang akan melakukan persalinan. Semoga dengan informasi diatas anda sebagai suami dapat mengambil langkah yang tepat untuk kelancaran persalinan istri.

0 Response to "4 Peran Suami Saat Istri Menjelang Persalinan Yang Mesti di Ketahui"

Post a Comment