Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan dengan Akurat

YukHamil.com - Memiliki anak memang menjadi kebahagian bagi setiap keluarga. Anak merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang patut dijaga dengan baik.  Untuk menghadirkan sosok malaikat kecil didalam lingkungan keluarga tidaklah melalui proses yang singkat. Melainkan harus melalui proses yang panjang dan sangat berat. Mengandung selama sembilan bulan merupakan keharusan untuk memunculkan sosok malaikat kecil. Masa kehamilan tersebut merupakan masa yang sangat menggembirakan sekaligus menegangkan karena mengandung tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak pantangan bagi seorang ibu hamil. Pantangan tersebut bisa dari menghindari aktivitas yang terlalu berat atau menghindari beberapa makanan dan minuman yang tidak menyehatkan untuk ibu dan kandungan didalamnya. Selain itu masa kehamilan juga umumnya menyebabkan beberapa ibu menjadi mual-mual, lemas bahkan mengalami pembengkakan terutama dibagian kaki. Namun semua itu bisa dicegah dengan rajin dalam merawat dan menjaga tubuh dan si janin.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan dengan Akurat

Berikut Cara yang Tepat Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

Menariknya ketika seorang ibu mengandung maka ia akan merasakan sang buah hatinya bergerak didalam perutnya bahkan tidak jarang janin itu menendang-nendang perut ibundanya. Pasalnya seorang bayi akan lebih aktif pada malam hari. Selain itu, bayi yang ada didalam kandungan juga sudah dapat mendengar berbagai macam suara dan dapat meresponnya. Sehingga banyak ibu yang mulai melakukan terapi musik dan bahkan membacakan cerita dongeng untuk sang anak. Hal-hal seperti ini merupakan bagian terindah selama masa mengandung.
Hal penting lainnya adalah menghitung usia kehamilan. Hal ini sangat diperlukan karena dengan begitu si ibu dapat merawat dan menjaga kesehatan janinnya secara lebih maksimal. Selain itu, jika usia kehamilan diketahui maka akan sangat mudah untuk mempersiapkan segala sesuatu saat proses dan pasca kelahiran nantinya. Usia kehamilan juga sangat membantu dokter kandungan dalam menentukan hari kelahiran si bayi. Ada dua macam usia kehamilan yaitu usia kehamilan berdasarkan bulan dan minggu. 

Menghitung usia kehamilan seorang ibu dapat dihitung melalui cara manual yaitu dengan cara menghitung dari Hari Pertama Haid Terakhir atau biasa disingkat dengan HPHT. Caranya adalah dengan menggunakan rumus Neagele, misalnya saja HPHT adalah “R” kemudian bulannya “S” dan tahun kehamilannya adalah “T”. jika bulan pada saat sang ibu hamil mengalami HPHT tersebut angkahnya lebih dari 3 maka perumusannya adalah (R+7) (S-3) (T+1) namun jika HPHTnya kurang dari 3 maka perumusannya (R+7) (S+9) (T).

Contoh mudahnya adalah seperti ini, jika HPHT si ibu hamilnya terjadi pada tanggal 16 April 2016  dan sekarang adalah tanggal 24 Mei 2016 maka usia kehamilannya adalah 1 bulan lebih 8 hari. Selanjutnya jika ingin mengetahui kapan bayi tersebut lahir adalah dengan cara (16+7) (4-3) (2016+1) maka dapat diprediksi bahwa tanggal kelahiran bayi tersebut adalah 23 Januari 2017.

0 Response to "Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan dengan Akurat"

Post a Comment