8 Cara Mengejan yang Benar Saat Melahirkan Normal

YukHamil.com - Melahirkan anak pasti menyakitkan, apalagi jika dilakukan dengan cara normal. Meski telah dilakukan pengurangan rasa sakit, tetap saja melahirkan menyakitkan. Selain sakit, anda juga harus mengejan dengan baik agar proses melahirkan normal bisa berjalan lancar. Jika berhenti mengejan di tengah jalan bisa jadi bayi justru terjepit. 

Cara Mengejan yang Benar Saat Melahirkan Normal

 1. Lakukan setelah pembukaan lengkap
Setelah pembukaan lengkap yaitu pembukaan 10, Anda baru boleh mengejan sebab saat itu kepala bayi Anda sudah sampai ke dasar panggul dan anus mulai ikut membuka. Anda harus menunggu pembukaa lengkap baru bisa mengejan untuk menghindari pembengkakan atay edema pada mulut rahim. Sebab pembengkakan pada mulut lahir akan menyulitkan Anda pada proses persalinan berikutnya. 

 2. Pilih posisi yang tepat
Ketika mengejan, posisi yang biasa dilakukan adalah berbaring dan menekuk lutut dengan kedua kaki terbuka. Selain itu, Anda juga bisa memeluk paha Anda dengan melingkarkan tangan ke bawah paha sampai siku dan menarik paha ke arah dada.
Selain posisi ini, Anda juga bisa berbaring miring ke kiri atau ke kanan, atau bahkan jongkok untuk memudahkan persalinan. Posisi yang tepat tergantung bagaimana Anda merasa lebih nyaman dengan posisi tersebut.       
3. Atur napas
Setelah menemukan posisi yang tepat, kini saatnya Anda mengatur napas. Anda tidak boleh tergesa-gesa dan serabutan karena hal tersebut dapat mengganggu proses mengejan. Manfaat mengatur napas selain untuk mengejan adalah dapat mengurangi rasa sakit.

4. Ikuti komando
Sebelum melakukan proses persalinan akan ada dokter atau bidan yang selalu memberikan komando. Cobalah untuk mengikuti komando mereka karena mereka tahu kapan harus menarik napas, menahan, dan mengeluarkan sambil mengejan. Jika Anda mengikuti komando dokter atau bidan, makan proses persalinan akan berjalan lebih mudah.

Ketika Anda mengejan, dokter atau bidan biasanya mengingatkan Anda untuk meletakkan dagu di dada supaya bisa melihat perut. Jika ibu tak mengikuti komando, maka pola mengejan menjadi tidak teratur sehingga tenaga terbuang percuma. Selain itu, jalan lahir juga bisa membengkan sehingga menyulitkan penjahitan.
      
5. Ikuti irama
Jika pembukaan sudah lengkap, cobalah untuk mengejan dengan mengikuti irama. Aturlah napas Anda, dan jangan ditahan saat mengejan.
      
6. Tenaga harus efektif
Melahirkan memang membutuhkan tenaga yang sangat besar. Oleh sebab itu simpanlah tenaga Anda dan jangan buang tenaga yang tidak perlu seperti berteriak-teriak atau membuat keributan.
      
7. Pandangan ke arah perut
Untuk memudahkan proses persalinan, arahkan pandangan Anda ke perut. Hal ini akan membuat Anda lebih berkonsentrasi untuk melakukan persalinan. Selain itu, Anda juga harus mengejan di perut bukan di leher.

8. Berhenti mengejan saat kepala bayi terlihat
Jika kepala bayi mulai terlihat, maka berhentilah mengejan. Munculnya kepala bayi dikenal dengan istilah crowning. Pada tahap ini vagina yang meregang akan terasa panas. Dokter atau bidan akan memberi arahan ketika pengejanan harus dihentikan atau dilanjutkan. Sebaiknya Anda mulai mengatur napas Anda ketika berada di tahapan ini.

Demikian penjelasan dari yukhamil.com tentang proses melahirkan normal. Semoga dengan tips mengejan yang benar teratur dapat mempermudah persalinan anda. 

0 Response to "8 Cara Mengejan yang Benar Saat Melahirkan Normal"

Post a Comment