5 Panduan Cara Melakukan Latihan Relaksasi Hypnobirthing Dengan Benar

YukHamil.com - Hypnobirthing merupakan suatu proses persalinan secara normal (alamiah) untuk memberikan kenyamanan pada sang ibu serta mengurangi ketakutan berlebihan kepada rasa sakit yang diakibatkan proses persalinan pada umumnya. Banyak orang awam menilai bahwa hypnobirthing, merupakan persalinan dengan bantuan alam bawah sadar. Namun, hypnobirthing merupakan persalinan dengan metode penanaman sebuah sugesti positif ketika seorang ibu berada dikondisi rileks. Output dari hypnobirthing merupakan perasaan yang lebih tenang dalam menghadapi persalinan, jiwa serta pikiran bekerja harmonis, dan mengkondisikan tubuh agar fit hingga waktu persalinan tiba.

Teknik yang digunakan dalam hypnobirthing adalah outohipnosis atau swasugesti. Ketika kehamilan untuk memberikan rasa nyaman dan sugesti kelancaran. Sugesti ini bertujuan untuk membentuk pola keyakinan pada masing-masing individu menghadapi proses persalinan dan membuang pikiran negative yang berada di alam bawah sadar.

Panduan Cara yang Benar Melakukan Latihan Hypnobirhing

Panduan Cara Melakukan Latihan Relaksasi Hypnobirthing

Latihan relaksasi hypnobirthing perlu dilakukan untuk mendapatkan output yang maksimal. Berikut adalah cara-caranya.
1. Tahap persiapan
a. Pilih waktu yang sekiranya Anda terhindar dari gangguan. Jauhkan diri dari hal-hal kecil yang beresiko mengganggu, misalnya handphone.
b. Pastikan kandung kemih dalam kondisi kosong.
c. Pakailah baju yang longgar, nyaman, dan dapat menyerap keringat selama proses hypnobirthing.
d. Lakukan dengan disiplin setiap hari.
e. Memilih tempat latihan yang menetap, tidak berpindah-pindah. Gunakan lampu yang remang (tidak terlalu terang) untuk memperlancarkan proses hypnobrithing.
f. Nyalakan music hypnobirthing agar lebih mudah untuk tubuh merasa rileks.

2. Pemilihan  posisi relaksasi
Pastikan Anda telah mengetahui jenis posisi-posisi pada relaksasi hypnobirthing. Setelah melihatnya pilihlah posisi yang paling Anda sukai untuk dilakukan. Sesuaikan posisi tersebut dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Salah satu posisi relaksasi yang dapat Anda pilih adalah posisi miring atau posisi belakang.

3. Mulai dari relaksasi wajah
a. Rileks pada wajah
b. Tutup kelopak mata secara perlahan, hindari untuk memaksakan kelopak mata menutup.
c. Fokuskan pikiran pada otot dibagian mata ketika Anda sudah merasakan otot mata melemas maka kondisi rileks akan merangsang kebagian lain
d. Tunggulah kondisi rileks hingga mencapai bagian tulang pipi, rahang, mulut, leher, bahu, hingga akhirnya tangan akan tergantung lemas dari siku.

4. Latihan pernafasan
Pastikan tubuh Anda sudah terelaksasi maksimal dengan keadaan yang nyaman, bisa pada posisi terlentang, miring, setengah duduk, dan duduk. Namun, ada baiknya Anda menggunakan posisi miring kearah kiri agar aliran darah menuju rahim dapat diperlancar. 

5. Penanaman sugesti
Caranya dimulai dengan memasukkan niat positif pada alam bawah sadar. Contohnya adalah dengan menggunakan kata-kata motivasi seperti “aku yakin dapat melahirkan secara normal”, “bayiku sehat”, “anakku lucu dan menggemaskan”. Buatlah bayangan-bayangan positif pikiran Anda. 

Setelah selesai seluruh proses, kembalikan tubuh Anda menjadi normal dengan cara menarik napas kuat-kuat lalu membuangnya dengan perlahan dari hidung.

Demikian Penjelasan tentang tata cara melakukan latihan relaksasi hypnobirthing di rumah. Semoga dengan tips diatas melewati masa persalinan dengan lancar.

0 Response to "5 Panduan Cara Melakukan Latihan Relaksasi Hypnobirthing Dengan Benar"

Post a Comment