4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Dianjurkan

Kesehatan Bayi - Para ibu biasanya sering mengalami kebingungan kala mencari tips atau cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tentunya aman dan dianjurkan. Usia-usia bayi atau balita adalah usia-usia yang rentan tubuh dan kesehatannya. Bayi biasanya sering mengalami masalah-masalah umum pada tubuhnya, sebagai sebuah bentuk penyesuaian terhadap perkembangan organ-organ tubuhnya. Salah satu masalah yang juga sering muncul pada rentang usia ini adalah perut kembung. Bagi para orang tua yang sudah memiliki anak sebelumnya mungkin masalah ini bukanlah masalah yang mengkhawatirkan, namun bagi para orang tua baru masalah perut kembung pada bayi mereka cukup mendapatkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan perut kembung yang dirasakan bayi sering kali membuat buah hati rewel dan tidak nyaman.

Sebelum melanjutkan pada cara dan tips mengatasi perut kembung pada bayi ini bunda diharapkan mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh masalah perut kembung ini, seperti salah satunya seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu bayi rewel dan terlihat merasa tidak nyaman yang kedua adalah ukuran perut bayi terlihat sedikit lebih buncit dibandingkan dengan kondisi normalnya. Jika ibu menemukan gejala-gejala tersebut maka buah hati Anda kemungkinan sedang mengalami perut kembung.

Panduan cara yant tepat untuk mengatasi perut kembung pada bayi

Langkah yang tepat untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

  1   Memberikan air hangat.
Beri minum buah hati Anda sedikit air hangat. Bunda juga dianjurkan untuk memandikan bayi dengan air hangat agar memudahkan proses pengeluaran gas yang ada di dalam tubuh si kecil.

  2   Menggosok bagian perut bayi.
Berikan pijatan atau gosokan lembut dan pelan pada bagian perut bayi. Bunda juga bisa menggunakan minyak telon yang hangat untuk dioleskan di sekitar perut buah hati Anda.

Lihat juga : Cara Cepat Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

  3   Menepuk-nepuk bagian punggung bayi dengan lembut.
Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang ketiga adalah dengan menepuk-nepuk lembut bagian punggung buah hati Anda. Hal ini bisa dilakukan sekitar selama 1 hingga 2 menit atau hingga si buah hati dapat bersendawa. Saat melakukan hal ini Anda bisa menyelinginnya dengan candaan sehingga si kecil merasa nyaman. Cara ini baik digunakan pada bayi yang berusia sekitar umur 0-6 tahun.

  4   Meminimalisir penggunaan botol bayi yang salah.
Perut kembung pada bayi salah satunya dapat disebabkan karena banyaknya udara yang masuk ke dalam tubuh bayi, akibat dari penggunaan botol ataupun dot yang salah. Seperti misalnya penggunaan dot dengan lubang yang terlalu besar sehingga peluang udara untuk masuk ke dalam perut bayi semakin besar, atau posisi kepala bayi yang tidak lebih tinggi dari posisi perutnya saat mengkonsumsi susu menggunakan botol.

Baca juga : Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi

Ke empat tips atau cara di atas cukup aman dan mudah untuk bunda lakukan saat menemukan gejala perut kembung pada buah hati Anda. Semoga cara- cara mengatasi perut kembung pada bayi tersebut dapat membantu bunda menjaga dan merawat si kecil saat mengalami masalah perut kembung.

0 Response to "4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Dianjurkan"

Post a Comment