Tanda Hamil di Luar Kandungan, Penyebab dan Ciri-cirinya

Hamil di luar kandungan merupakan tanda bahaya dalam kehamilan yang cukup serius. Masalah ini sendiri terjadi akibat terjadinya kehamilan di luar rahim. Biasanya kehamilan terjadi di saluran tuba, tempat produksi sel telur (ovarium), leher rahim (serviks)sehingga menyebabkan janin tidak bertahan lama. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui tanda tanda hamil di luar kandungan, ciri-cirinya dan hal yang menyebakan terjadinya hamil di luar kandungan. Jadi, simak terus artikel berikut yaaa!
tanda hamil di luar kandungan

Pada kehamilan normal, pembuahan yang terjadi akan berjalan menuju rongga rahim. Namun untuk kasus hamil di luar kandungan, hasil dari pembuahan ini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya alias macet dan tidak mampu untuk mencapai rongga rahim. Pada awalnya, tidak ada perbedaan dan tanda khusus antara orang hamil normal dan hamil di luar kandungan. Tanda tanda kehamilan yang dirasakan tetap sama seperti terlambat datang bulan, mual, morning sickness dan saat tes kehamilan juga tetap menunjukkan hasil positif.

Ciri-ciri hamil di luar kandungan

Adapun beberapa ciri-ciri baru terlihat ketika:

  • Mengalami rasa nyeri yang cukup hebat pada bagian bawah perut
  • Adanya perdarahan dari jalan lahir, sedangkan pada wanita yang hamil normal hanya terdapat sedikit flek kemerahan.
  • Gejala-gejala ini terasa akibat dinding di saluran telur pecah. Sebelum hal ini terjadi, cara untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan di luar kandungan yaitu dengan periksa USG.
Jika tanda tanda hamil di luar kandungan ini muncul, maka kehamilan tidaklah akan bertahan lama. Kehamilan hanya bertahan selama 5 hingga 10 minggu saja dan tidak bisa diselamatkan sehingga terjadi keguguran.

Saat jaringan dari embrio yang masuk dalam saluran telur terus berkembang akan membuat saluran telur membesar.Hal ini dapat menyebabkan dinding saluran telur melemah dan akan menyebabkan pecahnya saluran telur sehingga terjadi perdarahan.

Biasanya pasien penderita hamil di luar kandungan akan merasakan nyeri yang cukup hebat dan terjadi perdarahan dari jalan lahir.  Biasanya ini terjadi pada kehamilan trimester pertama saat hamil muda.

Penyebab hamil di luar kandungan

Kini Anda sudah mengetahui tanda-tanda hamil di luar kandungan dan ciri-ciri yang terjadi. Lalu apa sebenarnya penyebabnya? Ini dia.
  1. Terjadi infeksi di daerah sekitar panggul
  2. Terjadi kerusakan pada saluran telur sehingga membuat embrio tak dpat masuk menuju rahim. 
  3. Untuk beberapa kasus hamil di luar kandungan yang terjadi juga bisa dipicu oleh pengaruh hormonal.  Salah satu jenis hormon yang berperan mengatur hal ini mengalami keruskan sehingga perjalanan hasil pembuahan tidak lancar dan akhirnya macet tidak sampai ke rahim.
Ingat, semua wanita memiliki risiko yang sama akan kemungkinan masalah ini. Tapi wanita yang mengalami infeksi memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami hamil di luar kandungan.

Untuk bisa mengatasi masalah ini, operasi adalah satu-satunya jalan yang bisa dilakukan. Saluran telur yang pecah tersebut akan dibersihkan sehingga tidak ada jaringan yang tertinggal. Operasi ini cukup berisiko karena bisa membuat wanita tidak bisa hamil lagi. Namun jika hanya salah satu saluran telur yang diangkat, maka wanita masih memiliki harapan untuk bisa hamil kembali.

Itulah beberapa tanda hamil di luar kandungan, ciri-ciri dan penyebabnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Tanda Hamil di Luar Kandungan, Penyebab dan Ciri-cirinya"

Post a Comment