Tanda Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Apa saja tanda tanda awal kehamilan sebelum telat haid? Pastinya hal ini sangat ingin diketahui oleh semua pasangan yang sedang menantikan kehadiran buah hati dalam keluarganya. Banyak wanita yang tidak sabar dan ingin secepatnya mengetahui dirinya sedang hamil meskipun belum mengalami terlambat menstruasi. Secara umum memang tanda kehamilan awal dimulai dengan berhentinya siklus menstruasi seorang wanita atau biasa disebut telat haid. 
Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Namun sebelum keterlambatan haid terjadi, pada minggu-minggu pertama kehamilan seorang wanita juga mungkin sudah mulai bisa merasakan beberapa tanda-tanda kehamilan awal. Semua itu bisa dikarenakan kondisi tubuh yang sangat sensitif terhadap  perubahan hormon yang sedikit demi sedikit mulai bekerja di dalam tubuh wanita hamil. Nah, bagi Anda yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai tanda-tanda kehamilan minggu pertama sebelum telat datang bulan, beberapa tanda di bawah ini mungkin bisa dijadikan acuan untuk segera mengetahui kehamilan Anda.

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid

  • Mual
Kebanyakan wanita hamil memang baru akan mengalami mual dan muntah setelah usia kandungannya 6 minggu atau 2 minggu setelah terlambat haid dikarenakan kadar hormon estrogen dan progesteron yang meningkat begitu cepat. Namun pada sebagian wanita, gejala mual dan ingin muntah bisa dialami lebih dini atau sekitar 1 minggu sebelum tanggal menstruasi yang seharusnya.
  • Cepat lelah
Kadar hormon progesteron yang meningkat di awal kehamilan menyebabkan tubuh perlu menyesuaikan diri sehingga menjadi lebih cepat lelah dan Anda cenderung ingin tidur lebih cepat dari biasanya.
  • Sensitif terhadap bau
Wanita hamil sensitif terhadap bau juga diduga akibat pengaruh hormon yang bekerja. Hal ini bisa juga dialami pada minggu-minggu pertama kehamilan.
  • Payudara membesar dan lebih sensitif
Setelah terjadi pembuahan, beberapa bagian tubuh akan mengalami perubahan seperti pada bagian payudara yang terasa lebih berat dan sensitif. Bagian aerola di sekitat puting juga akan berwarna sedikit lebih gelap. Mungkin gejala ini hampir mirip seperti saat akan mendapat haid, jadi akan sedikit sulit untuk membedakannya.
  • Kram perut dan bercak ringan (ngeflek)
Mengalami kram perut dan flek ringan bisa jadi tanda anda awal kehamilan sebelum telat haid pada sebagian wanita. Proses implantasi (penempelan hasil pembuahan pada dinding rahim) yang menjadi pemicu terjadinya kram perut dan flek ini. Nyeri pada perut bagian bawah dan flek seperti ini juga sering disalahartikan sebagai tanda akan datangnya menstruasi karena gejala dan waktunya yang hampir sama yaitu kurang lebih 4-6 hari sebelum mens.
  • Sering buang air kecil
Perubahan hormon di awal kehamilan menyebabkan aliran darah ke ginjal lebih cepat sehingga kandung kemih terisi lebih cepat. Hal ini membuat wanita hamil muda lebih sering kencing.
  • Pusing
Saat kehamilan awal terjadi, pembuluh darah akan membesar sedangkan tekanan darah cenderung menurun. Selain itu, kadar gula darah yang rendah juga bisa memicu rasa lemas dan sering pusing dialami oleh banyak wanita sebagai tanda awal kehamilan 

Semua gejala di atas mungkin bisa menjadi tanda Anda saat ini sedang mengandung beberapa minggu. Tetapi tanda-tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang dialami tersebut tidak mesti sama untuk semua wanita dan belum tentu akurat untuk menentukan kehamilan. Agar lebih yakin dan untuk memastikan kehamilan Anda, sebaiknya lakukan tes atau pemeriksaan oleh dokter atau bidan.

0 Response to "Tanda Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid"

Post a Comment